Tuesday 13 October 2015

50 Buku yang Harus Anda Baca dalam Hidup Anda



          Sejak tahun lalu saya memulai tantangan ini. Tantangan yang bertajuk "50 Books To Read Before You Die" ini diberikan oleh situs List Challenges (http://www.listchallenges.com/50-books-to-read-before-you-die/checklist/1)
          Saya memulai tantangan ini pertama-tama hanya karena ingin membaca buku yang termasuk favorit dan paling bagus sepanjang masa dan faktor lain hanya karena iseng. Tetapi setelah membaca beberapa buku, ternyata saya sadar bahwa buku-buku tersebut memang sangat layak untuk masuk ke dalam daftar buku yang harus anda baca ini.
          Dari 50 buku, pertama-tama saya memulai dengan serial Harry Potter yang terdiri dari 7 buku. Walaupun saya dulu mengikuti filmnya setiap tahun, saya bukanlah penggemar setia Harry Potter, saya hanya mengagumi cerita dan karakternya saja. Tetapi setelah membaca ketujuh buku Harry Potter, saya jadi sangat menggemari Harry Potter.
          Menurut saya buku mempunyai cara penggambaran yang lebih mendalam dan detail, sehingga bisa mengalahkan versi filmnya, bahkan jauh lebih bagus. Setelah membaca bukunya, film Harry Potter terkesan sangat pendek dan banyak hal-hal yang menghilang dari cerita.
          Lalu saya mencoba membaca To Kill A Mocking Bird, tetapi karena tidak terlalu menyukai cerita dan karakternya, serta sulit untuk memahami penulisannya, saya pun berhenti di tengah jalan.
          Setelah itu saya membaca Pride and Prejudice oleh Jane Austen, yang sampai sekarang belum saya selesaikan. Kesan pertama saya terhadap buku tersebut adalah bahasanya sedikit sulit untuk dibaca, walaupun tidak sesulit The Hobbit dan The Lord of The Rings. Ceritanya ringan dan menarik, serta karakternya punya keunikan masing-masing yang bisa membuat anda menyukai mereka, walaupun perilaku mereka digambarkan sombong ataupun menyebalkan.
          Saya lanjut membaca Memoirs of A Geisha, novel yang sampai saat ini tidak lelahnya saya kagumi. Cara Arthur Golden menuliskan alurnya sangat mengesankan. Bahkan filmnya menurut saya tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan novel aslinya.
          Saat ini saya sedang membaca Wuthering Heights oleh Emily Bronte. Menurut saya bahasa yang digunakan dalam Wuthering Heights adalah bahasa Inggris yang sejauh ini paling sulit. Banyak kata-kata yang saya tidak tahu sehingga harus saya cari artinya di halaman paling belakang yang berisi arti-arti kata asing yang ada di dalam buku tersebut.

Saya berharap dapat menyelesaikan tantangan ini sebelum saya masuk ke universitas nanti.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda tertarik untuk menyelesaikan tantangan ini?

No comments:

Post a Comment