Friday 9 October 2015

Tigapagi : Sembojan - Sebuah Entitas Pendek

Rasa kagum tak henti-hentinya mengalir untuk grup musik yang satu ini.
          Bermula dari Alang-Alang di indielokal, saya lalu mendengarkan Roekmana's Repertoire di Youtube dan mulai menikmati karya Tigapagi. Membeli cd albumnya pun merupakan sebuah taruhan karena saya belum terlalu mengenal band ini waktu itu. Tetapi pada akhirnya cd album tersebut merupakan cd album yang paling saya sayangi sekarang.
          Pada tanggal 30 September yang lalu, Tigapagi mengeluarkan sebuah Entitas Pendek bertajuk Sembojan yang berdurasi 10:01 menit dan bisa diunduh secara gratis di link ini.
          Diawali dengan sebuah kata pengantar dari Ida Ayu Paramita Sarasvati (nadafiksi) yang juga merupakan pelantun lagu Erika dari Tigapagi, Entitas Pendek ini di release di Rolling Stone.
          Releasenya lagu ini menurut saya merupakan salah satu persembahan dari Tigapagi untuk memperingati peristiwa G30S/PKI yang sampai detik ini masih menjadi misteri bagi seluruh dunia.
          Melodi dan liriknya kali ini menurut saya sedikit lebih intense dibandingkan dengan lagu-lagu yang ada dalam Roekmana, mungkin karena bunyi siul atau suling yang sedikit "kasar" tetapi membekas di kepala.
          Durasi lagu 10:01 menit melambangkan tanggal 10-01 atau 1 Oktober, yaitu Hari Kesaktian Pancasila, dimana pada hari itu juga, terjadi peristiwa penculikkan dan pembunuhan 7 perwira Angkatan Darat, atau oleh Tigapagi disebut "gugurnya tujuh sekawan", yang katanya didalangi oleh PKI. Art dari lagu ini menggambarkan 7 perwira TNI AD yang diseret ke dalam Lubang Buaya.
          Tiga menit awal kita disuguhi dengan alunan instrumental, lalu suara Sigit pun mulai melantunkan lirik-lirik Sembojan. "Wajah yang hilang berkisar di angka lima ratus ribu jiwa" mengingatkan kita kepada nyawa-nyawa orang yang kita tidak tahu benar-benar bersalah atau tidak, tetapi dibantai dengan keji oleh pemerintah atas tuduhan "rencana kudeta Soekarno".
          Untuk selanjutnya, silahkan mengunduh Sembojan, dan dengarkan sendiri rangkaian kata yang dilantunkan dalam Sembojan.

1 comment:

  1. Salam kenal, sebagai sesama penyuka Tigapagi saya sangat senang dgn dirilisnya Entitas Pendek ini. Melanjutkan kekaguman saya pada album mereka Roekmana's Repertoire. Namun disini bukan itu yg mau saya bahas, saya cm mau koreksi sedikit dr tulisan Mba Angel yg kebetulan saya buka ketika saya sedang Googling mencari lirik Sembojan (hehe). Di tulisan Mba menulis peristiwa G30S/PKI dimana di masa post orde baru sudah diganti menjdi G30S krn ternyata dalang dr peristiwa tersebut msh abu2. Saya yakin, Tigapagi sendiri jg tdk akan menyebut peristiwa tersebut dgn G30S/PKI. Terus terang sya bukan pro PKI tp saya pro sejarah yg benar. Memang sih yg Mba tulis hanya kesalahan kecil, namun maknanya sangat besar bagi yg mengerti & mengalami peristiwa trsebut. Terima Kasih

    ReplyDelete