Friday 9 October 2015

Freedom Institute Tutup

Rasanya sedih sekali saat saya dan teman-teman melangkahkan kaki ke Freedom Institute di Jalan Proklamasi pada hari Jumat minggu lalu hanya untuk mendapatkan bahwa Perpustakaan Freedom telah tutup. Entah kapan akan dibuka lagi.
Kami pun hanya makan di Kafe Wisma Proklamasi. Sembari makan saya melihat banyak orang yang menggotong-gotong rak dari dalam perpustakaan, dan perpustakaan tampak gelap tak diterangi cahaya lampu.
Pada saat itu saya hanya mengira bahwa perpustakaan tutup untuk hari itu saja. Tidak terlintas di pikiran bahwa perpustakaan akan tutup dalam jangka waktu yang lama, dan bahkan belum ditentukan kapan akan dibuka lagi.
Ya, memang saya pernah membaca isu bahwa perpustakaan akan dipindahkan dari Jalan Proklamasi. Tetapi isu tersebut muncul di berita pada tahun 2014 dan buktinya sampai minggu lalu perpustakaan masih beroperasi seperti biasa.
Saat saya tahu bahwa perpustakaan Freedom ditutup dan belum ada rencana untuk buka lagi, saya merasa seperti kehilangan tempat untuk bermain dan menghabiskan waktu luang.
Freedom Institute telah menjadi tempat saya dan teman-teman menghabiskan waktu saat tiba-tiba ada rapat guru dan kami pulang lebih awal, tempat saya belajar dan mencari bahan tugas sekolah.
Sekarang tempat tersebut telah tutup dan tak tahu nasibnya. Apakah akan buka kembali di Proklamasi, ataukah dipindahkan, atau tutup selamanya.
Hanya kenangan yang tersisa.

1 comment:

  1. Sangat disayangkan saya juga kager ketika kesana bertemu satpam dan dibilang tutup hingga waktu yang belum ditentukan.

    ReplyDelete