Monday 21 September 2015

Sehat bersama Teh TieGuanYin

tie guan yin
          Teh Oolong adalah sejenis teh yang mengalami sedikit oksidasi dalam proses pembuatannya. Salah satu jenis teh Oolong yang terkenal adalah teh TieGuanYin. Teh TieGuanYin berasal dari Cina dan namanya diambil dari nama dewi welas asih yang masyarakat Indonesia kenal dengan nama Dewi Kwan Im (Guan Yin).
          TieGuanYin adalah sejenis teh oolong yang berbentuk loose leaf atau daun utuh. Daun teh ini diproses melalui rangkaian proses tradisional yang cukup rumit dan lama, sehingga menghasilkan bola-bola daun teh kering, yang jika diseduh dengan air panas akan menyerap air dan kembali ke bentuk daunnya. (anda dapat melihat proses pembuatan TieGuanYin disini)
          Rasa yang dihasilkan dari penyeduhan teh ini juga bisa dikatakan lebih unggul daripada teh sachet, karena daun teh yang dipakai adalah daun teh utuh dan segar, sedangkan bahan yang dipakai dalam teh sachet adalah daun teh serbuk. TieGuanYin juga menghasilkan aroma yang lebih harum dibandingkan dengan teh sachet.
          Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk melihat manfaat dari TieGuanYin. TieGuanYin telah terbukti mengandung zat polifenol yang dapat membantu mempercepat metabolisme, sehingga teh ini dapat membantu menurunkan berat badan dengan mempercepat lipolisis (pemecahan lemak trigliserida) dan juga membantu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes mellitus dengan mempercepat metabolisme gula di dalam tubuh.
          TieGuanYin juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga melindungi kita dari penyakit jantung koroner, stroke, dan juga menurunkan tekanan darah tinggi serta meningkatkan sistem imun tubuh.
          Polifenol dan catechin yang dikandung dalam TieGuanYin juga berperan sebagai antioksidan. Tingginya kadar polifenol dan catechin di dalam tubuh dapat membantu sistem imun melawan virus dan sel-sel kanker. Antioksidan juga dapat melawan radikal bebas yang ada di dalam tubuh, sehingga membantu penghambatan proses penuaan sel. Antioksidan tersebut juga dapat mencegah dekomposisi gigi dan tulang, mencegah osteoporosis, dan menguatkan tulang.
oolongtea
          Cara penyeduhan TieGuanYin terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu memakai sebuah teko dengan penyaring di tengahnya untuk menaruh daun teh. Sesudah itu tuang air mendidih sebanyak 0,5 liter/100 gram teh, atau sesuaikan dengan kebutuhan. Pada hari ini saya pun membuat TieGuanYin untuk konsumsi pribadi. Konsumsi rutin setiap hari dapat memberikan efek yang baik ke tubuh kita masing-masing.

sumber : http://www.therighttea.com/tie-guan-yin.htmlhttps://www.organicfacts.net/health-benefits/beverage/health-benefits-of-oolong-tea.html


No comments:

Post a Comment