Thursday 27 August 2015

Perpustakaan Nyaman di Pusat Jakarta

         
Dari teman saya, saya mengetahui tentang Freedom Institute Public Library. Perpustakaan umum ini dikelola oleh swasta dan terletak di Jalan Proklamasi. Setelah membuat kartu anggota, saya lumayan sering berkunjung ke sana.
          Pada awalnya saya ingin mencari buku referensi untuk paper. Tetapi perpustakaan ini hanya mempunyai koleksi seputar Politik, Sosial, Filsafat, Ekonomi, Sastra, dan Sejarah, sedangkan topik paper saya waktu itu antara Fisika/TIK. Maka dari itu biasanya saya berkunjung untuk membaca novel ataupun mengerjakan tugas sekolah.
          Masuk ke perpustakaan dan membuat kartu anggota tidak dikenai biaya. Tetapi kita tidak bisa meminjam buku. Kita hanya boleh mem-fotokopi buku yang kita inginkan.
          Saat masuk, kita harus menitipkan tas dan akan diberikan tas kecil bertuliskan nomor penitipan yang kita bisa pakai untuk membawa barang berharga seperti dompet dan handphone.
          Suasana perpustakaan sangat hening walaupun ramai dikunjungi mahasiswa-mahasiswa. Maka dari itu saya memanfaatkan keheningan ini untuk menyelesaikan PR atau belajar untuk ulangan. Disini juga disediakan Wi-Fi gratis dan kursi pijat.
          Jika kita lapar, kita dapat makan di kafe Wisma Proklamasi di sebelah perpustakaan. Suasana kafe seperti restoran tempo dulu dan minumannya enak walaupun sedikit mahal untuk pelajar. Kita juga bisa duduk-duduk di taman di antara kafe dan perpustakaan, tetapi buku tidak boleh dibawa keluar gedung perpustakaan.
         Menurut saya perpustakaan ini sangat nyaman untuk saya belajar dan menghabiskan waktu untuk membaca. Koleksi bukunya juga sangat berkualitas.

No comments:

Post a Comment