Wednesday 16 September 2015

Belajar dengan Teknologi

          Di era teknologi ini, kita harus mulai memanfaatkan sarana-sarana yang ada untuk kepentingan belajar. Banyak sekali media belajar yang beredar di dunia maya, bahkan beberapa buku pelajaran pun sudah menyertakan media pembelajaran online yang dapat diakses siswa di rumah untuk menambah wawasan.
          Di sekolah saya sendiri, guru Fisika dan TIK saya, Pak Arif, telah menggunakan sebuah situs pembelajaran untuk menyediakan soal-soal pelajaran bagi siswa. Nama dari situs itu adalah Quipper School (https://learn.quipper.com). Di situs tersebut, guru dapat membuat kelas virtual dan murid dapat bergabung dalam kelas-kelas tersebut dengan kode rahasia yang berbeda pada masing-masing kelas. Di situs ini, Pak Arif sering mem-posting PR, soal latihan, dan lain-lain.
           Selain Quipper, ada juga media pembelajaran yang disediakan oleh Cambridge, penerbit buku bahasa Inggris saya di sekolah. Masing-masing buku cetak dilengkapi dengan kode rahasia untuk mengakses kelas virtual di situs http://www.cambridgeinfocus.org/student. Berbeda dengan Quipper, dimana guru yang bersangkutan harus menyediakan soal sendiri, CambridgeInfocus telah dilengkapi dengan berbagai latihan soal yang disesuaikan dengan unit pelajaran. Situs ini juga menyediakan tes kompetensi tiap unit untuk menilai kemampuan belajar siswa.
          Ke depannya nanti, pasti teknologi akan lebih berkembang lagi. Media-media belajar ini adalah satu dari sekian banyak hal positif yang dapat kita ambil dari perkembangan teknologi. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda telah memakai teknologi sebagai media pembelajaran?

No comments:

Post a Comment