Thursday 17 September 2015

Menikmati Musik Lokal

          Musik Indonesia yang beredar di televisi dan radio sekarang ini kebanyakan di cap jelek dan kampungan oleh masyarakatnya sendiri. Bahkan kalau kita perhatikan hampir seluruh lagu yang diputar di radio adalah lagu-lagu Barat dan Korea.
          Sangat disayangkan, karena banyak sekali orang Indonesia yang belum bertemu dengan musik Indonesia yang lebih berkualitas. Jauh berbeda dengan lagu-lagu Indonesia yang kita kenal selama ini, musisi-musisi independent Indonesia menyuguhkan kita dengan alunan musik yang memanjakan telinga, dengan lirik yang kadang tidak bisa kita mengerti sepenuhnya, tetapi tidak menghalangi kita untuk menikmati musik itu sendiri.

          Saya sendiri mulai mendengarkan musik lokal sejak saya masuk SMA. Dari saya kecil, saya menganggap bahwa musik luar negeri lebih keren dan lebih bergaya. Dan ternyata hal itu salah besar, karena musik Indonesia pun tak kalah kualitasnya, bahkan menurut saya jauh lebih baik dari lagu-lagu Barat yang ada di radio. Musisi Indonesia telah membuktikannya dengan kemampuan mereka untuk tampil di berbagai panggung di luar negeri, walaupun prestasi mereka tidak banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia.

          Sebut saja White Shoes and The Couples Company, Mocca, dan lain-lain yang lagunya sudah mereka bawakan sampai ke Korea, Jepang, Thailand, dan bahkan Amerika. Jika milik sendiri saja sudah seperti ini bagusnya, untuk apa mencari di negara lain?

          Banyak juga musisi-musisi lokal yang mungkin belum terkenal karena tampil di panggung-panggung kecil. Hal itu bisa dikarenakan biaya yang tidak memadai untuk publikasi. Tetapi kita bisa membantu mereka dengan membeli album dan merchandise mereka, serta datang ke acara-acara mereka.

          Seperti saya, saya membeli album pertama saya baru beberapa minggu yang lalu. Selama ini saya selalu mendownload lagu dari internet dengan gratis, lalu kemudian saya berpikir bahwa musisi itu sendiri perlu dukungan dari pendengarnya. Maka saya pun membeli beberapa album musisi-musisi yang saya sukai. Toh harganya juga jauh lebih murah dari album musisi luar negeri, hanya berkisar 25-50 ribu Rupiah. (anda bisa membeli albumnya di sini : http://demajors.com)

          Jika anda bingung bagaimana harus mulai dari mana, anda bisa memulainya dengan browsing di channel Sounds From The Corner (youtube.com/soundsfromthecorner) dan Indie Lokal (youtube.com/indielokal). Di channel tersebut banyak terdapat video live performance, audio dan juga interview dengan musisi yang bersangkutan.

Di bawah ini saya akan melampirkan beberapa lagu favorit saya :
1. Barasuara - live performance at SFTC
2. Efek Rumah Kaca x Barasuara
3. White Shoes and The Couples Company - Zamrud Khatulistiwa
4. White Shoes and The Couples Company - Kampus Kemarau
5. Danilla - Telisik (full album)
6. Tigapagi - Roekmana's Repertoire (full album)
7. Adhitia Sofyan - Adelaide Sky
8. Banda Neira - Kau Keluhkan
9. White Shoes and The Couples Company - Kisah dari Selatan Jakarta
10. Mocca - Secret Admirer
11. Sore - Somos Libres
12. Sore - Etalase
13. Naif - Piknik 72
14. White Shoes and The Couples Company - Ye Ol' Good Days
15. Payung Teduh - Untuk Perempuan yang Sedang Dalam Pelukan

          Jika anda menyukai beberapa musisi tersebut, dukunglah mereka dengan membeli CD dan datang ke live performance mereka (JANGAN BELI BAJAKAN ATAU DOWNLOAD ILEGAL!). Toh harga tiket masuknya tidak akan berjuta-juta rupiah, paling hanya 50-150ribu. Semoga tulisan ini dapat mengubah mindset anda tentang musik Indonesia.

Saya dan teman-teman di 5th Music Gallery (3 orang di belakang orang yang sedang memegang kamera, saya dan Tata pakai kacamata, Diva cuma keliatan jidat di belakang Tata)


NAIF at 5th Music Gallery

No comments:

Post a Comment